Rabu, 21 November 2012

ECS A780LM-M2 dan Phenom II X4 955? Jangan harap!

Dalam 2 bulan terakhir ini, saya cukup dibuat terkejut dengan pergerakan harga Phenom II X4 955 yang menembus turun ke harga 800rb-an. Berlandaskan hal tersebut, saya coba merancang spesifikasi CPU bersistem AMD Phenom II X4 955 yang akan saya iklankan di lapak FJB kaskus saya.

Saya tertarik dengan motherboard keluaran terbaru dari ECS, yakni tipe A780LM-M2 yang dibandrol dengan harga 400rb. Harga tersebut adalah yang termurah untuk kelas chipset yang sama, yakni AMD 780. Sebagai perbandingan, harga Biostar A780L3G saja masih nyaman di 520rb selama 2 tahun belakangan. Oleh karena itu, saya coba sandingkan ECS A780LM-M2 ini dengan Phenom II X4 955 di rancangan CPU yang saya iklankan.

Tidak lama setelah saya iklankan, beberapa calon pembeli menanyakan akan paket CPU tersebut dan beberapa ada yang minat untuk dirakitkan. Tanpa ada perasaan aneh-aneh, akhirnya saya rakitkan saja paket rancangan CPU tersebut. (ECS A780LM-M2 + Phenom II X4 955).

Setelah perakitan beres, saya menemukan kejanggalan pada saat CPU starting. Seperti biasa, pada start awal CPU pertama kali rakit, saya langsung menuju system BIOS untuk melakukan beberapa pengaturan umum. Disini saya menemukan bahwa kecepatan clock processor Phenom II X4 955 hanya 800 Mhz dari kecepatan standar 3200 Mhz. Fan Phenom yang biasanya berisik, entah kenapa menjadi sunyi.

Kontan saja saya panik, saya coba atur kecepatan secara manual dan CPU gagal booting. Saya heran setengah mati, akhirnya saya coba browsing dan menemukan bahwa apabila processor Phenom II X4 955 hanya berjalan di 800 Mhz, boleh jadi karena fitur Cool n Quiet pada motherboard dalam kondisi On. Namun, faktanya, setelah saya ubah pengaturan tersebut menjadi off, hasilnya tetap nihil. CPU masih berjalan di 800 Mhz. Kemudian saya coba atur kecepatan menggunakan software AMD Overdrive, namun tetap saja, kecepatan 800 Mhz tidak dapat diubah.

Saya penasaran, saya coba baca boks bawaan dan manual motherboard ini dan juga berkunjung ke situs resmi ECS dan menemukan dengan pasti bahwa motherboard A780LM-M2 ini mendukung processor Phenom II X4 955. Pertanyaannya, Kenapa kecepatannya cuma 800 Mhz? Saya makin penasaran, saya coba ubek-ubek laporan hasil penjualan saya di tahun 2011 dan menemukan CPU dengan spek Phenom II X6 1055 dan Biostar A780L3G saja ternyata berjalan normal. Seperti diketahui bahwa Biostar A780L3G dan ECS A780LM-M2 adalah sejenis karena menggunakan chipset yang sama, namun pertanyaannya sekali lagi, Kenapa bisa beda?

Saya mulai pasrah dan akhirnya mengambil kesimpulan bahwa motherboard ECS A780LM-M2 ini memang tidak sepenuhnya mendukung Phenom II X4 dan saya sangat tidak merekomendasikan bagi siapapun untuk membeli motherboard ini dan menyadingkannya dengan Phenom II X4.  Motherboard ini hanya cocok dengan processor Athlon II

Belajar dari pengalaman tersebut, saya revisi ulang rancangan CPU di iklan saya dan menggantinya dengan Asrock 770DE3L yang sudah terbukti kompatibel dengan Phenom II.

CMIIW


18 komentar:

  1. saya tau masalahnya, amd phenom II X4 955 be, menggunakan tdp daya sebesar 125 watt, sedangkan mobo ecs ini, cuma suport sampe 95watt tdp.

    saya abis ngecek dari sini
    http://translate.googleusercontent.com/translate_c?depth=1&ei=8ZsbUeL6PIiqrAf1_4GYCg&hl=id&prev=/search%3Fq%3Decs%2Ba780lm-m2%2Bsupport%2Bram%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26hs%3DuYJ%26tbo%3Dd%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official&rurl=translate.google.com&sl=en&u=http://www.newegg.com/Product/Product.aspx%3FItem%3DN82E16813135315&usg=ALkJrhjUMO-E3LHEFgqcjsGr3dEE2UgzRQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Phenom X4 955 itu ada 5 jenis Om, 1 diantaranya ada kok yg 95w yang part numbernya HDX955WFK4DGM

      Hapus
  2. ENTE AMATIRAN GAMING
    SAYA SAJA BISA MAIN CRYSIS 3

    BalasHapus
  3. TERNYATA BENER GOBLOK TU ECS

    BalasHapus
  4. hahaha, emang biostar 780l3g support tdp 125w sedang phenom diatas 3.0ghz semua tdpnya 125w jadi ya aja kuat kalau pakai biostar 780l3g. masih mending bios ecs a780lm -m2 ini bagus jadi dia cuman menurunkan kecepatannya saja spy dia gak rusak. coba mainboard lainnya yg cmn support 95w dikasih proc 125w.. gak pake lama mosfetnya jebol.

    BalasHapus
  5. jadi gak maslah chipset booos. udik banget sampeyan. masalahnya di tdp-nya

    BalasHapus
  6. makanya kalau beli mainboard lihat dulu cpu support-nya...........

    BalasHapus
  7. sedang asrock 770DE3L tdpnya support 140w jelas saja kuat pakai phenom x4 diatas 3.0ghz. coba pakai ecs 880lm m walaupun namany 880 ternyata juga chipset 760g (sama kayak ecs 780lm m2 dan biostar 780l3g) tp tdp 125w pasti kuat tuh pakai X4 955 be.

    BalasHapus
  8. saya juga jadi korban ini, karena beli ECS A780LM-M2... 2 biji lagi... terpaksa di biosnya dibuat manual, menurunkan speed procienya... ndak terlalu rendah tapi tetap stabil...

    BalasHapus
  9. tq gan ane juga mengalami ini nih jadi tau penyebabnya

    BalasHapus
  10. YANG BELI NYA BEGO WKWAKAKKAWK !!

    BalasHapus
  11. ecs ngak bgt dah, ane sering nemu bnyk masalah pake brand ini

    BalasHapus
  12. ini mobo sudah hampir 4 tahun saya pakai masih aman, saya sandingkan dengan athlon II x2 270 dan vga hd5570 set standard masih lumayan buat nge-dota set medium sampek skrng ndak pernah masalah. Yg penting setiap 6 bulan bersihin debunya, dan ganti pasta cpu nya

    BalasHapus
  13. Wkwkwkwkwk ... Ane pake mobo ini dengan Procie Phenom X4 955 3.2GHZ lanjay tuh dirumah, ente males baca baati nih ... 955 itu ada 5 jenis pastikan dlu part numbernya yg HDX955WFK4DGM itu satu2 nya part number Phenom X4 955 yg TDP nya 95w dan ke-4 lainya menggunakan TDP 125w Broo ...

    BalasHapus
  14. Klo mobo ecs a780LM-M2 ini disandingkan dg Phenom II X6 1100T, support g ya, klo liat web nya support, apa udh ada yg coba menyandingkannya?
    Ini webnya:
    http://www.pc-
    specs.com/mobo/ECS/ECS_A780LM-M2/1778/Compatible_CPUs

    BalasHapus
  15. saya mengunakam amd phenom x4 955 dengan cara dioc maen valorant dll lanjay tuh om

    BalasHapus
  16. dari 800 ghz ke 2100 ghz aman aman aja tuh om, wkwkwkw
    sempet binggung juga si 800ghz,eh kepikiran di oc wwkwkwk lah work dong

    BalasHapus
  17. Titanium Grass bike - TITIA CART - The Tatian Racing
    Tour de titanium gr 2 Théâtre 4x8 sheet metal prices near me Téâtre Téâtre Téâtre Téâtre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre titanium septum ring Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre titanium muzzle brake Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre Tétre titanium jewelry Tétre Tétre Tétre

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...