Jumat, 05 Februari 2016

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan"

Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya pun beberapa kali mengalaminya. Namun apabila dijual kembalinya hanya dalam waktu kurang dari 30 menit setelah dibeli, itu baru tidak biasa.

Kejadian nya begini, kemarin saya menjual seperangkat PC bekas seharga 2 juta di suatu situs jual beli online. Dan didapatilah seorang calon pembeli yang sebut saja namanya Bayu. Dia terlihat serius dan tanpa banyak tawar-menawar langsung meminta alamat saya untuk melihat barang. Tak lama menunggu, dia pun datang dan langsung saja saya cuap2 soal barang yang dijual. Rupanya dia tidak terlalu tertarik dan tanpa banyak tanya langsung membayar kontan.

Well, saya pun segera membungkusnya dan kemudian Bayu pergi.

"Lagi butuh cepat mungkin atau lagi sakit perut jadi buru-buru." Gurau saya seketika.
...........

Saya pun melanjutkan aktivitas, kebetulan saat itu sudah pukul 10 malam dan sudah saatnya juga istirahat. Saya pun ke kamar mandi untuk menggosok gigi. Lalu kemudian telepon berdering. Saya pun bergegas menjangkaunya.

A : Saya. B : Bayu

B : "Halo gan, ini kok PC nya ga kuat mainin games sih?"

A : "Lah tadi saya mau tunjukin tapi situ udah keburu pergi. Lagian itu udah saya tes jalan kok, ga mungkin malah jadi tiba-tiba ga jalan. Kalo emang ga jalan ya bawa aja kesini, saya benerin, kan masih ada garansi personal 7 hari." jawab saya lugas.

B : "Tapi gan ini udah bisa masuk games, tapi kok lambat suka berhenti sendiri?"

A : "Ya mungkin spek nya ga kuat, emang main games apa gan? Makanya coba bawa sini aja lagi, saya kasih tau dulu."

B : "Gan, kalo ane balikin lagi aja gimana? Potong 30rb gapapa deh, ane ikhlas."

A :"Loh, kenapa dibalikin? Kan baru juga dibeli."

B : "Ini PC nya ga bisa dimainin games. Gapapa deh potong 50rb, ane kesana sekarang."

A : "Et dah bentar dulu gan, saya udah pastiin itu jalan normal, lagian ngapain dijual lagi, baru juga dibeli, kan katanya butuh, saya juga belum beres sikat gigi ini, udah mau dijual lagi aja. Saya butuh alasan yang masuk akal gan. PC nya saya jamin normal dan ready gaming."

B : "Iya gan, ga bisa buat main games. Ane kesana ya, ane siapin dulu."

A : "Waduh, kok gitu, yauda gapapa dibalikin, tapi saya minta nya dipotong 200rb. Kalo ngga saya rugi gan."

B : "Jangan segitu dong gan. 100rb deh, ane rela."

A : "Ga bisa gan. Kalo ngga mau ya gapapa, agan coba jual sendiri aja, siapa tau kejual lebih tinggi."

B : "Yaudah deh gan, ane kesana sekarang."

A : "Oke, ditunggu."

Akhirnya Bayu pun datang dengan membawa PC nya. Setelah saya cek kondisinya, saya pun membayarnya kembali 1,8jt. Dia tampak sedikit kecewa namun segera beranjak pergi setelah mengucapkan salam. Jarak rumah kami memang dekat, dia mengaku tinggal tak lebih dari 5km dari rumah saya.

Saya coba hidupkan PC nya dan semuanya normal. Tapi kenapa dia jual lagi? Saya pun menghubungi nomer2 lain yang sebelumnya kebetulan juga berminat untuk membeli PC ini.

"Gan, masih minat PC saya. Orang yang booking ga jadi dateng."

"Oke gan, deal, besok pagi jam 8 ane kesana. Jangan dikasihin ke yang lain lagi ya gan. Oya, 2jt kan ya?"

"Iya gan, oke sip, ditunggu besok, thanks."

.............

3 hari berselang saya iseng mengajak chat Bayu untuk setidaknya menanyakan alasan dia menjual kembali barang yang baru saja dibelinya.

A : "Gan, saya masih penasaran kenapa dijual lagi tuh PC. Jujur aja gan, lagi butuh duit dadakan ya?"

B : "Iya gan, sorry waktu itu. Pas ane pulang, dapet kabar orang tua meninggal. Jadi, ane butuh duit nya."

A : "Innalillahi, kalo agan jujur mah, saya ikhlas ga dipotong2 gan. Yauda yang sabar ya gan."

B : "Iya gan, gapapa. Makasih gan."

A : "Terus gan kenapa waktu itu kaya rusuh banget beli nya?"

B : "Iya gan, ane ga enak ganggu istirahat agan malem2. Jadi ane percaya aja sama agan, kalo ada masalah nanti gampang tinggal dibalikin lagi, kan ane udah tau alamat agan."

A : "Oke deh, siap, thanks."
.........

Saya sedih mendengarnya. Tapi apa daya, nasi sudah menjadi bubur dan kopi berisikan sianida pun sudah ditelan oleh Mirna. Mungkin ini tambahan rezeki saya, alhamdulillah.

Tampak saya terlalu bersikap bisnis, selalu ingin untung. Padahal mungkin saja ada saat2 dimana sisi kemanusiaan lebih diharapkan ada dibanding mencari untung belaka. Pengalaman yang cukup unik buat saya, thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...