Rabu, 23 Desember 2015

Review : AMD Richland A6 6400K, pilihan hemat dota2

Berhubung Game Net sekarang lagi booming dota 2, alhasil banyak owner nya yang datang ke saya untuk upgrade PC lama mereka ke PC baru berbasiskan APU ini.

Keuntungan APU jelas, sangat efisien.  Processor ga kenceng-kenceng amat single Core nya tapi kemampuan grafis nya sangat bagus.  Alhasil jadilah chip murah tapi ready untuk gaming modern sekarang.

Konsumsi daya nya pun ringan saja,  maksimum TDP nya hanya 65 watt. Bandingkan apabila kita build PC dengan procie AMD Athlon II X2 250 plus vga card Radeon HD6570 1gb, hasilnya pasti akan lebih boros secara listrik maupun bajet padahal secara performa tidak beda jauh, bahkan cenderung lebih bagus APU karena rilis lebih baru sehingga memiliki teknologi yang lebih efisien.

Uji Game

Ane pastikan game model PES 2016 pun mampu dilahap setting high.  Dan dota 2 pun mampu berjalan lancar di medium setting.  Jadi jangan khawatir apabila kita masih ragu untuk membangun PC berbasiskan APU.

Kecepatan grafis APU sangat bergantung pada memory yang kita gunakan. Pastikan untuk selalu menggunakan memory berjenis dualchannel gan karena otomatis memory bandwidth nya menjadi 128bit sehingga membuat arus data lebih lancar yang tentunya berpengaruh pada performa grafis APU. Jangan lupa menggunakan memory dengan kecepatan yang lebih tinggi ya gan.  APU mendukung memory ddr3 hingga 2133mhz.

Namun,  menurut ane,  APU sangat direkomendasikan apabila kita ingin membangun PC gaming murah tanpa vga card.  Namun apabila kita ingin memakai Vga card, ane justru lebih merekomendasikan processor non APU,  karena sejatinya APU tidak cukup kencang gan.

Memang sih ada fitur dualgraphics,  tapi fitur ini kan hanya untuk grafis tipe tertentu, lalu bagaimana apabila kita ingin menggunakan grafis lain yang lebih Powerful?

Spek pengujian

Processor : AMD Richland A6 6400K dual Core 3,7ghz Onboard Radeon HD8470
Motherboard : Asrock A68M DG3
Memory : Team elite 8gb dualchannel pc12800 ddr3
Hard Drive : WDC Blue 1tb
Case : Dazumba vito 696
Psu : Dazumba DZ450w

Review by Straw Computer (trickk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...