Rabu, 23 Desember 2009

Upgrade O2 XDA 2s ato HTC Blue Angel ke WM 6.5

Sebenernya tutorial sejenis udah banyak di internet, cuma disini saya hanya ingin share tambahan dan pengalaman saya selama melakukan upgrade OS ato lebih tepatnya flashing ROM WM 6,5.
Sedikit saya beri gambaran tentang Windows Mobile terbaru microsoft ini emang terlihat lebih menarik dari segi tampilan menu, UI, dll. Dari tampilan home saja, metode yang digunakan microsoft adalah finger scrolling seperti model iphone. Tentu akan memudahkan kita menggunakan jari. Ini memang jelas membantu saya, kini saya jarang menggunakan stylus saya lagi untuk menjelajah isi PDA ini. Icon pun dibuat lebih lega, begitupun submenu di masing-masing aplikasi menjadi lebih besar. Kompatibilitas terhadap aplikasi baru menjadi semakin banyak dibanding apabila kita menggunakan WM 2003, contohnya tentu Microsoft Facebook.
Berikut screenshotnya homenya
Menarik bukan?
ini dia screenshot menunya


Mantap yah??

Oke langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya.
Saya akan menuntun Anda step by step.
  1. Backup dulu semua file penting Anda atau kopikan saja ke memory card Anda.
  2. Yakinkan dulu pada Anda bahwa proses yang Anda lakukan ini merupakan tanggung jawab Anda sendiri, jadi segala resiko yang akan terjadi haruslah Anda tanggung sendiri.
  3. Isi baterai PDA Anda, kira-kira sisakan diatas 60%.
  4. Masuk ke menu Bootloader PDA Anda, caranya yaitu dengan menekan dan menahan tombol power yang ada di sisi atas dan tombol record yang ada di sisi kiri atas kemudian tekan tombol reset dengan stylus Anda. Maka akan terlihat layar Anda hanya ada tulisan di atas 'SERIAL' dan di bawahnya ada tulisan nomor versi bootloader Anda.
  5. Tancapkan USB cable data atau craddle USB ke PDA Anda, coba lihat kembali tampilan di layar PDA Anda. Tulisan 'SERIAL' haruslah berubah menjadi 'USB'.
  6. Proses flashing dapat dimulai kini, download file ROM WM 6,5 masakan xplode versi 7.1(paling stabil menurut saya) disini dan EXTROM (aplikasi2 pendukung ROM seperti office, IE8, dll) disini.
  7. Setelah download selesai. Extract dulu file ROM tadi yang formatnya .rar ke direktori mana saja terserah Anda.
  8. Setelah diekstrak, buka file MaUpgradeUt_noID.exe.
  9. Ikuti prosesnya saja, tekan next. Proses flashing akan berlangsung sekitar 8-10 menit (itu pengalaman saya). Jauhkan dari anak-anak.
  10. Apabila telah selesai di komputer dan PDA Anda akan muncul notifikasi selesai. Maka cabut kabel data Anda dari PDA. Sampai disini PDA Anda telah sukses diupgrade ke WM 6,5.
  11. Lakukan Hard Reset untuk menyempurnakan proses flashing (Sangat direkomendasikan). Caranya yaitu dengan menekan tombol power lalu menekan tombol reset dengan stylus sehingga PDA Anda akan reset dan menampilkan layar awal warna-warni. Segera Anda tekan dan tahan tombol record dan camera sebelum versi ROM PDA Anda muncul di pojok kanan bawah layar.
  12. Maka akan muncul menu yang terdiri dari 3 pilihan.
  13. Set menu pilihan 2 dan 3 menjadi YES  dan biarkan menu pilihan 1 tetap NO. Caranya gunakan tombol record untuk geser atas bawah dan tombol camera untuk menggantui pilihan YES/NO.
  14. Apabila sudah diubah, tekan tombol message/pesan yang ada di urutan kedua dari kiri dari 4 tombol yang berjejer di atas tobol navigasi.
  15. Maka layar Anda akan berubah menjadi putih (Hard Reset sedang diproses). Tunggulah selama 10 detik.
  16. Selanjutnya PDA Anda akan loading dan masuk setting-setting kalibrasi layar dan set tanggal. 
  17. Selesai deh flashingnya, selamat menikmati WM 6,5.
  18. Ingat proses di atas sangatlah mudah jadi jangan takut untuk mencoba yaaa
 Keuntungan :
  1. Tampilan bagus, menarik.
  2. Aplikasi dan game pendukung menjadi lebih banyak.
Kerugian :
  1. Sedikit boros baterai (Sudah diuji).
  2. Ada beberapa versi ROM yang ga stabil, tapi ROM yang di atas so far stabil.
  3. Bukanlah ofisial resmi dari HTC atau O2, jadi segala bug atau kerusakan ditanggung pemakai.
Jadi, jangan takut mencoba yaa.

Ini link apabila Anda ingin menjajal ROM lain. Disini

31 komentar:

  1. bis di upgrade apa kekurangannya?
    semua device berjalan sesuai fungsi'y kan mas?..
    thnx bwt tutorial'y ya ^^

    BalasHapus
  2. kekurangan sih saya rasa ga ada ya, malah dukungan softwarenya jadi tambah banyak, secara tampilan pun jadi lebih bagus, malah bisa di instal user interface model HTC Touchflo ato Blackberry ato Iphone..

    BalasHapus
  3. wew..sampai sekarang saya blum berani upgrade OS'y mas,,cos di forum2 dikatakan bahwa bisa menyebabkan mati total,,ada juga yg bilang wireless gak bisa diaktifkan,,macem2 dah..
    apa benar yg dikatakan itu mas?

    BalasHapus
  4. wifi sih emang jadi menyulitkan, tapi itu hanya di beberapa ROM yang ga bagus..
    Tapi ROM2 tersebut terus diperbaiki lho sm pembuatnya,lagian juga kan bisa di downgrade lagi wm2003se..
    ya bisa sih bikin pdanya mati,itu kalo lagi proses flashing,kabelnya lepas ato listrik mati, jadi ya hati2 juga sih,prosesnya pun ga lama kok,10-15 menit udah bisa merasakan windows mobile terbaru..

    BalasHapus
  5. wah thanks banget mas, aku dah berhasil upgrade XDA IIS ke wm 6.5.
    buat yg lain silahkan coba..walau agak deg degan sebelumnya, terutama pas reboot ..kok lama banget..kirain matot..he he..

    BalasHapus
  6. Sekali thanks mas trihadi,
    just koreksi , saat upgrade pada tahap ke 15 waktu yg kualami agak lama ( kira kira 1,5 menit), hampi aku mengira gagal.
    Setelah kupakai seharian ternyata tidak ada masalah alias lancar. kalau batere aku rasa masih wajar borosnya,semua program berjalan dengan baik.aku belum adapet kendala yang berarti kok.buat rekan lain silahkan coba.
    hasil upgradeku ada fotonya di http://www.kaskus.us/showthread.php?p=185497758#post185497758

    BalasHapus
  7. Mas, klo XDA IIi bisa nggak ?, thanks ya...

    BalasHapus
  8. Buat Ben : bener banget tuh, saya pake ROMnya D-Two yang versi 28008,stabil,udah wm 6.5.3 jadi start menunya di bawah,wifi pun stabil,batre juga lebih hemat..

    Buat hairul : wah ga bisa tuh 2i di upgrade, saya juga pernah pake,tp karena ga bisa upgrade jadinya saya jual n tuker sama yg 2s ato Blue Angel. Emang sih secara spek sama tp saya juga heran entah kenapa ga bisa..

    BalasHapus
  9. ini link ROM terbaru masakan dari D-Two versi 28008 WM 6.5.3 http://rapidshare.com/files/322649640/WM6.5.3_28008_-__D-Two__-_ENG.rar

    BalasHapus
  10. coba rom dari d-two terbaru,saya pakai ini sekarang,lebih stabil

    d-two's WM6.5.5 Build 23529 WWE http://rapidshare.com/files/348438214/WM6.5.5_23529_eng.rar

    BalasHapus
  11. mas setelah di upgrade jadi ada tampilan no gsm kartu gak ke detect kenapa ya ? solusinya gimana ya ? please help me...

    BalasHapus
  12. coba rom dari d-two terbaru,saya pakai ini sekarang,lebih stabil

    d-two's WM6.5.5 Build 23529 WWE

    rom ini bisa digunakan di xda atom life ga mas trihadi

    BalasHapus
  13. @anonim : yang saya baca di xda-developer tu kayanya ga ada kegagalan flashing ROM jadi SIM card ga kedetect,tapi coba pake ROM yang lain,mungkin aja bisa.

    @Ruru : buat ROM xda tipe lain bisa cari di xda-developers.com. Setahu saya tipe XDA yang ga bisa di upgrade ROM ke WM 6 tu XDA 2i aja.

    BalasHapus
  14. Mas tri,
    i sudah berhasil upgrade o2s ke wm 6.5. Thanks ya atas sharing step2 upgradenya.
    Trus mo nanya,kalo extrom selain yg 23004 ada lg ga ya?

    thx & gbu

    BalasHapus
  15. @Jimmy : Itu udah saya posting di komentar sebelumnya, ROM versi D-Two yg 23529, itu WM 6.5.3, Start menunya di bawah. Bisa di coba.

    BalasHapus
  16. bro,,linknya basi tuh,,gak bisa donlot dari link itu,,ada link lain?

    atau kirimin ke emailku klo blh?

    BalasHapus
  17. download wm 6.5.3 nya dimana yah mas... makasih.

    BalasHapus
  18. kak trihadi,,
    saya mau nanya,,
    saya ada o2 xda exec yg jadul banget,
    yg kaya mini netbook itu loh,,
    pake windows mobile 5.1,,
    bisa diupgrade ga ya kak?

    BalasHapus
  19. Untuk link ROM WM 6.5 O2 XDA 2s banyak yang sudah di closed tapi saya usahakan cari lagi.

    Yang mau upgrade O2 Zinc bisa copas link ini :

    http://ip208-100-42-21.static.xda-developers.com/showthread.php?t=482710

    BalasHapus
  20. Untuk link WM 6.5 by xplode bisa coba link ini:

    http://www.ziddu.com/download/5567488/BA_6.5.23004.WWE-xplode-R7.1.rar.html

    BalasHapus
  21. mas tri. kalo 2s sy di install yang 5.2.28232 build 28232.5.3.3 versi manila tp blutut ga connect....trus seting email ga bisa....

    BalasHapus
  22. mas download EXTROM (aplikasi2 pendukung ROM seperti office, IE8, dll) link nya apa y??? kok yg lama diclose y...trims

    BalasHapus
  23. Adanya tinggal di ziddu aja, coba aja copas link ini---> http://www.ziddu.com/download/5567490/EXTROM-23004.rar.html

    instal aja manual yang .cab nya dari memory cardnya langsung, yang penting2 aja yg d instal, kaya office.

    BalasHapus
  24. bos,, aku dah coba nih,, kok katanya error 150 yah katanya suftware updaternya gak didesain bwt hp gw (o2xda2s) bingung gw... pdhl dah ikutin smua stepnya

    BalasHapus
  25. http://www.ziddu.com/download/5567488/BA_6.5.23004.WWE-xplode-R7.1.rar.html

    http://www.ziddu.com/download/5567490/EXTROM-23004.rar.html

    Mas, kombinasi link yg atas ini apa sudah oke? soalnya koq recommend link nya ada yg di rapid? sampe bingung mau download yang mana hehehehe maaf newbie dan baru aja beli xda 2s second..

    BalasHapus
  26. WM 6.5 bisa buat XDA II gk gan..??

    BalasHapus
  27. WM 6.5 bisa buat XDA II gk gan..??

    BalasHapus
  28. mas tolong dong jelasin pa itu revo 2 ??saya cek dengn kode kped *#2222#,, trus mas kalw bisa tamilin dong foto2 y frimware yang versi apa aja,,contoh..... hmmm remora (foto homescren) _kalw bsa c fto y jangn 1..

    trus da ga ya konter yang mau upgretIN hp saya..?? bayar se Ceng jg gpp...asal konter/pribadi tu bsa tanggung jwb....??ada ga ya ??trimaKasih...

    BalasHapus
  29. untuk yang bertanya seri XDA apa saja yang bisa di upgrade ke WM6? pokoknya selain XDA IIi, bisa.

    BalasHapus
  30. buat acer dx900 bisa gk ya dari wm 6.1 profesional ke WM 6.5 please jawab....

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...