Minggu, 09 September 2012

Review IMO X2 Normandy : HP Android Murah Fitur Wah




IMO sebagai produsen hp lokal memang cukup sering mengeluarkan gadget-gadget murah tapi memiliki fitur wah. Untuk pasar android, IMO lebih dikenal dengan tablet-tablet murahnya yang sangat laris dipasaran. Namun kali ini, IMO mulai melebarkan sayapnya dengan memproduksi jajaran smartphone android yang terjangkau. Beberapa ponsel yang telah dilepas dipasaran adalah IMO X2 Normandy, IMO S78 Glory, dan IMO S88 Discovery.

Untuk review kali ini saya hanya akan membahas IMO X2 Normandy yang baru saja saya beli tanggal 1 September yang lalu (1 Minggu sebelum tulisan ini ditayangkan). Perlu diketahui, sejujurnya hp ini sudah saya incar semenjak awal Agustus tetapi status kapan akan diluncurkannya masih tanda tanya sehingga akhirnya saya putuskan untuk hunting lagi di awal September.

Saya beli hp ini dari salah satu pedagang kaskus di Bandung via COD. Menurut harga yang di-publish di Tabloid Pulsa, hp ini dibandrol seharga Rp 549rb. Tapi nyatanya di pasaran harga hp ini menembus Rp 579rb. Harga tersebut saya dapatkan dari pedagang kaskus di ITC Roxy Mas. Sedangkan untuk hp yang saya beli ini, saya tebus dengan harga Rp 590rb.

Bentuk dan Desain

Bentuk ponsel ini cukup menarik, desainnya berbentuk curvy disetiap sisinya, cukup nyaman untuk digenggam. Partikel material bahan yang digunakan adalah plastik chrome diselingi dengan bezel metalik disekeliling ponsel. Kokoh dan tidak terkesan seperti hp murah. Justru teman-teman saya sampai heran. (Heran pertama) :)

Hanya ada 3 tombol fisik di ponsel ini, yaitu tombol power dan 2 tombol volume. Sedangkan untuk tombol navigasi khas android disediakan 3 tombol sentuh (Menu-Home-Back) yang sangat responsif dan memiliki backlight putih ketika ditekan.(Samsung Galaxy Y saja tidak disertai backlight loh) :)

Tidak ada nama merk di bagian depan casing. Tulisan IMO dan Normandy terletak dibelakang. Hal ini sangat bagus, dikarenakan secara sekilas, orang akan bertanya-tanya dahulu, hp keren apa yang sedang kita pegang. :D

Layar dan Interface

Ponsel ini memiliki layar dengan ukuran 3,2" yang menurut saya sudah cukup lapang dibandingkan dengan seri Samsung Galaxy Y yang ukurannya 3,0". Resolusi yang dapat ditampilkan yaitu 320x240 piksel. Terasa kurang memang, tapi saya rasa sudah cukup dan Samsung Galaxy Y pun juga memiliki resolusi yang sama.

Pertama kali saya menyalakan ponsel ini, saya langsung terkagum dengan kecerahan dan responsifnya layar ponsel ini, maklum sudah berjenis Capasitive. Layarnya juga sudah mendukung multitouch 2 point sehingga kita bisa melakukan cubitan untuk beberapa aplikasi yang mendukung. Sangat memanjakan kita dan sapuan jari pun terasa halus. Teman saya lagi-lagi heran. (Heran kedua) :). 

Launcher bawaan IMO memang terlihat kurang bagus. Ketika saya masuk menu, tampilan ikonnya tersusun dengan pola 3x4 yang terdiri dari beberapa lembar kesamping dengan latar belakang HITAM. Itu lah mengapa saya akhirnya mengunduh launcher 3rd party yaitu Nemus Launcher yang terasa lebih ringan dan menarik dibanding dengan GO Launcher.

Ponsel ini juga telah mendukung accelerometer, namun saya menemukan di suatu saat ponsel tidak mau rotate, dan perlu dilakukan switching on/off rotate screen terlebih dahulu agar normal kembali.

Performa

Ponsel ini memilki processor ARMv6 berkecepatan 800Mhz dengan merk MTK 6513. Secara umum, performanya cukup bagus. Sebagai bahan uji coba, saya memainkan game Angry Birds Rio dan mampu berjalan tanpa lag. :)

Ponsel ini juga sudah berjalan pada sistem operasi Android Gingerbread 2.3.6 yang memungkinkan dukungan terhadap lebih banyak aplikasi.

Kekurangan ponsel ini adalah memory RAM nya yang hanya 256MB sehingga kita perlu bijak dalam menjalankan aplikasi dikarenakan keterbatasan memory. Disediakan pula memory Flash sebesar 512MB untuk media penyimpanan data yang sebagian besar telah terisi oleh aplikasi bawaan ponsel sehingga hanya tersisa sekitar 100MB saja. Ponsel ini juga mendukung penggunaan microSD hingga 16GB. Berhubung belum ada forum yang membahas root ponsel ini, jadi saya sarankan untuk memilih aplikasi-aplikasi pada Google Play yang dirasakan penting saja dikarenakan memory yang kecil. :)

Jaringan dan konektivitas

Ponsel ini memang hanya berjalan pada jaringan EDGE alias belum 3G apalagi HSDPA. Tapi bagi saya tidak masalah karena disediakan WIFI untuk koneksi yang lebih cepat. Saya mencoba koneksikan ponsel ini dengan WIFI yang saya share dari laptop saya via software Connectify dan berjalan dengan baik.

Ponsel ini juga sudah mendukung Dual SIM Dual Standby. Saya sudah mencoba mengaktifkan kedua kartu secara bersamaan dan saya rasa sangat bagus. Pada tampilan Call pad, disediakan pilihan tombol SIM1 dan SIM2, keduanya mendapatkan hak yang sama. Begitu pula ketika akan mengirim SMS, dibawahnya akan ada pilihan SIM1 atau SIM2. Sama halnya ketika akan mengaktifkan paket data, disediakan pilihan. Teman saya heran lagi karena juga sudah mendukung Dual SIM. (Heran Ketiga) :) Untuk koneksi nirkabel lainnya disediakan Bluetooth.

Kekurangan ponsel ini adalah tidak tersedianya A-GPS yang menurut saya sangat penting untuk sebuah ponsel android. Pada pilihan GPS hanya tersedia pilihan GPS yang terhubung dengan internet. Tapi berhubung harganya sudah murah, jadi tidak pantas juga saya mengeluh. :)    

Kemampuan Grafis

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya bahwa ponsel ini mampu menjalankan game Angry Birds Rio dengan sangat baik. Saya rasa ini adalah hal yang bagus mengingat banyak ponsel maupun tablet lokal murah yang kesulitan menjalankan game ini dengan baik. Dan faktanya memang ponsel ini telah disematkan GPU khusus yakni OpenGL ES 2.0.


Untuk kemampuan memutar video, saya telah mencoba memutar video dengan format mp4 dan resolusi 360p hasil unduh dari youtube mampu diputar dengan baik. Saya belum melakukan ujicoba memutar video 720p. Tetapi saya berkeyakinan bahwa kemungkinan besar ponsel ini gagal memutarnya dengan lancar.

Kamera

Ponsel ini dibekali oleh kamera berkekuatan resolusi maksimum 3,2MP. Hasil jepretannya sangat bagus, dan terdapat berbagai pilihan mode kamera khas android seperti face/smile detection, modus malam, dll. Kekurangannya adalah belum dilengkapi flash dan autofocus.

Multimedia

Salah satu ciri khas ponsel lokal adalah adanya Big Speaker yang juga disematkan pada ponsel ini. Letaknya ada di belakang bawah. Kualitasnya cukup bagus, sangat powerful dan nyaring meskipun terdengar tanpa bass sekalipun. Untuk kualitas headsetnya saya belum mencobanya,hehe.

Juga tersedia FM Radio yang tidak perlu menancapkan headset dikarenakan sudah memiliki antenna built ini.

TV Analog

Saya rasa inilah salah satu alasan saya membeli ponsel ini, yaitu adanya TV Analog. Kualitasnya cukup bagus. Semua stasiun TV lokal mampu ditampilkan dengan baik dengan bantuan antenna yang dapat diperpanjang. Dengan layar yang cukup lega, saya rasa Anda tidak akan khawatir tertinggal acara televisi favorit, khususnya sepakbola, hehe :)

Hebatnya juga tersedia fasilitas capture screen TV dan record TV. Hal ini tentu sangat berguna apabila kita ingin mengabadikan beberapa momen seperti gol Messi mungkin, hehe.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah sebuah pertanyaan besar untuk sebuah ponsel multimedia yang memiliki banyak fitur hiburan seperti Normandy ini. Saya telah melakukan ujicoba menonton TV analog dan baterai mampu bertahan selama 4 jam. Sedangkan untuk keperluan standar, saya rasa 1-2 hari adalah kemampuan yang sudah cukup mumpuni bagi sebuah ponsel android.

Kesimpulan

Dari review yang telah saya utarakan diatas, saya rasa ponsel ini worthed buy untuk siapapun yang memang tidak mempedulikan koneksi 3G dan GPS dan bukanlah penggemar game 3D yang membutuhkan hardware yang lebih bagus. Ponsel ini masih memiliki banyak fitur yang di ponsel lain belum tentu memilikinya dan tentu dengan harga yang sangat murah, seperti Android, TV Analog, Dual SIM, Layar Capasitive, dll.

Bagi yang ingin hunting ponsel ini, silakan mencari di BEC Bandung atau ITC Roxy Mas. Ponsel ini juga banyak yang dijual di forum online seperti kaskus.

Sekian dulu tulisan saya. Semoga bermanfaat. :)

Update

Saya telah menemukan komunitas pengguna IMO X2 Normandy di kaskus. Disana kita bisa berbagi segala hal tentang HP ini, khususnya tutorial rooting. Silakan gabung click here

Berikut saya tampilkan foto-foto hp IMO X2 Normandy saya. Cekidot :)




Berikut saya tampilkan spek lengkap IMO X2 Normandy.

Specs:

DIMENSI
Tipe112 x 62 x 14 mm / 118 gr
GENERAL
NetworkGSM 900 / 1800 - SIM 1 & SIM 2
LAYAR
TipeTFT 3.2", capacitive touchscreen
Ukuranmulti touch 2 point, 240 x 320 piksel
AUDIO
FiturVibration, MP3 Polifonik Ringtones
Jack3.5mm jack audio
SpeakerphoneYa
MEMORY
InternalRAM 256 MB + NAND FLASH 512MB
EksternalSlot Micro SD card up to 16GB
DATA
3GTidak
EDGEYa
GPRSYa
WLANWi-Fi 802.11 b/g, Wi-Fi hotspot
BluetoothYa, v2.0 with A2DP
InfraredTidak
USB/Portv2.0 microUSB
KAMERA
Primer3.2 MP
SekunderTidak
Video RecordYa
BATERAI
TipeLi-Ion 1200 mAh
Stanby-
Talk Time-
FITUR
OSAndroid OS, v2.3.6 (Gingerbread)
CPUARMv6 800 MHz, MTK 6513, GPU OpenGL ES 2.0
BrowserHTML
GPSNo
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM

44 komentar:

  1. udah ada tutor root yang ane buat gan..
    sekali2 main keforum kaskus

    maaf sebelumnya..
    ijin kutip blognya buat di taruh di forum komunitas imo normandy..
    buat refrensi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan sya mau nanya ini hp imo x2 support tv out yang buat nyambungin hp ke tv tabung crt

      Hapus
    2. gan sya mau nanya ini hp imo x2 support tv out ga?? yang buat nyambungin hp ke tv tabung crt

      Hapus
  2. makasih loh gan, ane segera meluncur k tkp :)

    BalasHapus
  3. iya gan ane juga pakek nih hape. Memuaskan kok dengan harga segitu

    BalasHapus
  4. Siapapun yang udah pake ini hape, apa bisa pake Instagram??? sudah terinstal dan bisa dijalankan instagramnya... pliss need jawaban panjang yg emng udah install Instagram di Normandy nya

    BalasHapus
  5. Untuk dukungan terhadap aplikasi, untuk aplikasi populer yang tidak support sementara hanya LINE dan Foursquare.
    Untuk Instagram dipastikan works well, saya sudah instal. HH ini sudah support OpenGL ES 2.0 jadi bisa di instal Instagram.

    CMIIW

    BalasHapus
  6. baterainya bsa pke pnya nok*a gk ?..
    Ditunggu jwbanya gan..
    Ane rencana mau beli..
    Hehehe

    BalasHapus
  7. Gak bisa gan. Baterainya khusus dari IMO nya sendiri.

    BalasHapus
  8. sama ram total n tersisa di device brapa ?..
    Bkan di iklan, krang percaya ma iklan..
    Haha
    ane ngebet mau beli, yg jdi masalah tkut ram tersisa nya kecil ma baterai nya..
    Klo bisa diganti baterai nok*a pasti jos pa lgi double power..
    Ditunggu jwban nya gan..

    BalasHapus
  9. RAM tersisa lebih dari 100mb kalo bawaannya (saya lupa). tapi seiring dengan instal sana-sini yang aplikasinya makan RAM karena jalan di background, kayak whatsapp, play store, twitter client apapun, ya mengecil deh. Tapi cukup lah kalo buat multitasking mah.

    BalasHapus
  10. Gan mau tanya dikit nih
    Cara aktifin paket datanya gimana yah?
    Saya pake kartu indosat, tapi pas buka fb selalu gagal padagal sudah pake paket internet.
    Thx

    BalasHapus
  11. Untuk mengaktifkan paket data, kita perlu memastikan settingan konfigurasi access point name nya sudah tepat. Coba buka setting-wireless & network-mobile network setting-access point name. Biasanya ponsel akan membuat sendiri secara otomatis. (untuk indosat biasanya sudah ada indosatgprs).

    Dalam kasus saya, kartu indosat saya kebetulan masuk dalam jaringan roaming sehingga muncul huruf R di atas signal bar sehingga saya perlu mengizinkan ponsel untuk mengakses data meskipun berada dalam kondisi roamning dengan masuk ke setting-SIM management-roaming-data roaming. Pastikan untuk mencentang indosat.

    Saya kira seperti itu gambarannya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  12. Gan, da yg bkin binggung nih.
    Ni da android market / play google nya ndak ?
    Katanya klo hp cina ada nya cma market pihak ke 3, bner pa gk ?
    Q tertarik ma spek n harganya, tpi klo gk da android market / play google, q jadi pkir2 lgi.
    Kn pling lengkap disitu n gk susah2 crinya, aman dri virus jga.
    Gmna gan da gk ?
    Tu yg mengganjal di pkiran q, antara beli nih hp pa gk.

    BalasHapus
  13. hp ini gak di lock oleh IMO nya, jadi ya selayaknya hp android biasa yang ada Play Store nya.

    BalasHapus
  14. thanx gan, sangat membantu.
    Jdi mantap bsok mau beli.
    Imo the best lah.

    BalasHapus
  15. gan mau tanya pa bisa hp imo ini memain kan emulator ps 1

    BalasHapus
  16. mas bro hp imo tu udah ada ngak di konter2 hp terutama di pekanbaru

    BalasHapus
  17. gan bisa video call dengan yahoo mesenger atau skype ga? mohon infonya minta nih

    BalasHapus
  18. Bagaimana internetan pake kartu GSM?cepet ga gan, kan belum 3g tuh?

    BalasHapus
  19. Sob ane mau tanya. Saat nie hp ente ada masalah apa? Ada seperti kerusakan pada layar?? Krn saya khawatir klo hp lokal to rusaknya lebih cepet. Padahal sangat terawat

    BalasHapus
  20. Gan, HP-nya baik-baik saja khan sampai hari ini ? Soalnya q mau beli ni HP buat anak, mintanya HP canggi, tapi buat anak, sayang kalau yang mahal-mahal.
    Q punya banyak pengalaman dengan HP china yang sering rusak, ada aja rusaknya. Bahkan pernah beli, baru sehari dah rusak dan harus masuk servis.

    BalasHapus
  21. Sampai saat ini atau sudah 2 bulan pemakaian, belum ada keluhan gan. Malah layarnya belum terpasang antigores tapi tetep cling, hehe. Kekurangannya ya saya rasa soal belum 3G aja, jadi kalo mau donlot aplikasi dari Play Store suka gagal karena saking leletnya. Kalo mau donlot terpaksa cari wifi dulu, hehe..

    BalasHapus
  22. gan mo tanya nih : gimana caranya agar kita bisa pasang ringtone dari SD card ???

    BalasHapus
  23. Untuk ringtone panggilan masuk, bisa lewat aplikasi music player bawaan android. Sorot lagunya, pilih 'set as ringtone'.
    Untuk ringtone sms masuk, bisa copy file audio berformat .mp3 ke folder sdcard/media/audio/notifications/ nanti pasti akan dengan sendirinya muncul di pengaturan ringtone sms.
    Alternatif lain bisa mengunduh aplikasi ringtone 3rd party di play store, ada banyak, cobain aja satu2.

    CMIIW

    BalasHapus
  24. Mksh infonya,sangat membantu.

    BalasHapus
  25. Gan,
    ane mau tanya...
    Sebenernya root untuk hp ini tuh wajib atau nggak sih?
    apa fungsi root sendiri?
    *maaf ane masih gaptek tentang Android

    dan memori esternal sudah termasuk belum ya di dus ori-nya ketika beli?

    Thanks gan, ditunggu jawaban express-nya :D

    BalasHapus
  26. Ane udah punya gan. gara2 baca review agan..kgak nyesel punya hp ini..mantab..;-)

    BalasHapus
  27. Bagi temen2 yg masih nanya, "Perlu gak sih di root?" . Disini saya jawab, "Tergantung.". Tergantung dari HP nya, kalo normandy saya rasa perlu di-root agar kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menambahkan memory internal dengan tambahan partisi memory eksternal, seperti linkSD. Dengan akses root, kita juga bisa menggunakan aplikasi screenshot, menghapus aplikasi bawaan yg tidak terlalu penting, mengganti font, merubah lockscreen, dll yang kesemuanya memerlukan akses root.

    BalasHapus
  28. di daerahku tulungagung sulit cri imo, q dah muter2.
    Ada yg bsa bantu, yg jualan imo di tulungagung itu dimana ?.

    BalasHapus
  29. beli online aja gan, cari seller yg terpercaya di forum kaskus.

    BalasHapus
  30. Alamat ny dmn sich gan di pku

    BalasHapus
  31. Nih hape kuat buat main game gak gan soalnya ane mau main game Resident evil 4

    BalasHapus
  32. mw tny gan .. skrg hrga d pasaran brp ya n cr ngerootny gmn yak .. maklum gaptek

    BalasHapus
  33. Jadi pengen beli nie hp.
    Di daerah kuningan jawa barat ada gak ya gan?

    BalasHapus
  34. Hi it's me, I am also visiting this web page daily, this website is truly fastidious and the visitors are really sharing nice thoughts.

    Here is my homepage :: how to buy twitter followers

    BalasHapus
  35. thanks buat infonya gan...
    makin gampang aja nih dapet hape keren dengan harga murah

    BalasHapus
  36. Gan numpang nanya niih,
    cara root +upgraed imo x2 gimana yah
    soalnya ane klik link yg agan kasih ternyata tuh link udh ga bisa di akses
    makasih gan sebelumnya :)

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...