Minggu, 08 Juli 2012

Tugas Akhir gw SELESAI (PART 1)

Alhamdulillah perjuangan kuliah Diploma 4 selama 4 tahun telah berakhir bulan Juni 2012 ini. Ditandai dengan lancarnya sidang Tugas Akhir yang lumayan bikin gugup juga,hehe. Judul Tugas Akhir yang gw angkat adalah tentang kontrol motor pengaduk berdasarkan level air menggunakan sensor ultrasonik dan ditampilkan di LCD dan Borland Delphi via komunikasi Serial.

Sensor ultrasonik yg gw pake ini termasuk murah meriah, tipenya SRF05-HY yang dijual seharga 70rb-an di pasaran. Mikrokontroler yang gw pake ATMEGA 16, harganya 30rb. Gw program pake bahasa C++ via Codevision. Motor DC gw pake yang maksimal 12VDC. LCD 2x16 harganya di 30rb. Perancangan mekaniknya gw serahin sama bengkel aja, gw cuma desain bentuk tangki2 nya aja. Perancangan pengaduknya gw bikin sendiri. Poros motor gw sambung pake pipa kecil yang bisa masuk dan ujungnya gw kasih adukan mixer. Untuk jalur pemipaannya gw desain sendiri. Motor pompa gw pake yang biasa di akuarium, kenceng juga kok debitnya, 1000L/jam. Gw juga pake solenoid valve AC buat buka tutup outlet tangki.

Lebih lanjut tentang proyek Tugas Akhir gw ini bakal gw share nanti ya.. Bakalan lengkap kok sama source code+laporannya. Ilmu itu memang ga GRATIS, tapi bisa disebar secara GRATIS. CMIIW

3 komentar:

  1. gan minta source code nya untuk memprogram sensor ultrasoniknya..
    kirim ke andri_yaay@yahoo.com ya...

    BalasHapus
  2. wah kebetulan ni mas. Saya sudah mencoba memprogram sensor HY-SRF05 ini dgn bahasa C. Tapi ada batas maximal jarak gt mas. Kalau >=28cm, sensor berhenti membaca mas.
    Boleh ga mas bantu saya dengan listing code sensornya?

    BalasHapus
  3. malam mas..
    nasib saya juga sedang menghadapi tugas akhir dan menggunakan sensor yang sama. banyak hambatan pada pembacaan sensor yang berhenti mendadak.
    mohon pencerahannya mas..
    Sekalian saya mohon minta source code beserta schematik hardware mas, ke taufiqpens@gmail.com.
    as fast as better, coz uda mulai ngerjakan TA.
    Terima kasih mas..
    Smoga sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...