Jumat, 05 November 2010

Buat sendiri downloader AT89S51/52/53/55 via PARALLEL PORT

Seri MCS AT89Sxx memang lebih unggul dibanding saudara tuanya yaitu AT89Cxx, karena seri terbaru ini memiliki kemampuan memprogram langsung atau In-System Programming (ISP). Rangkaian downloader parallel ini sangat mudah dan murah meriah. Kita dapat langsung membuatnya.
Komponen yang dibutuhkan hanyalah kabel pelangi atau abu-abu ditambah socket IDC (untuk socket terserah Anda mendesainnya), lalu resistor dan jangan lupa socket DB25 jenis Male apabila anda ingin membuat terpisah dari PCB micro anda. DB25 jenis Female apabila Anda ingin membuatnya langsung di PCB micro anda. Tetapi konsekuensinya anda harus membeli kabel printer port tersebut yang banyak dijual di pasaran.
Kebetulan PCB yang saya buat, adalah support kedua-duanya, berikut gambar downloader yang saya buat.









Berikut adalah skematiknya,silakan anda buat.










Sedangkan untuk software programmer flashnya bisa digunakan software ISP buatan Moh.Asim Khan di situs berikut :
http://www.kmitl.ac.th/~kswichit/IspPgm30a/ISP-Pgm30a.html

Berikut Screenshotnya:




3 komentar:

  1. mf.. kmren udah saya coba tapi ketika di coba kok ada pesan signature not match.. itu knp yah..

    BalasHapus
  2. Sama,,, ane juga begitu "Device signature not match"

    BalasHapus
  3. wah gimana nih adminnya? komentarnya ga di tanggapi, saya jg jadi ragu mo coba skema ini klo kya gnimah..

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...