Sabtu, 03 Desember 2011

Share Internet Laptop Kamu dan jadikan Hotspot buat Blackberry, Android, iPhone Kamu Menggunakan Connectify

Oke ini akan menjadi tulisan pertama gue di bulan Desember ini. Sebenernya judul yang gue angkat ini udah pengen gue tulis sejak lama, namun baru kesempetan sekarang ini, hehe..

Mungkin banyak yang bertanya-tanya "Eh, laptop gue kan ada wifi nya tuh, nah bisa ga sih kalo internet laptop gue tuh di share ke Tablet Android gue? Kaya dijadiin hotspot gitu." Nah pertanyaan semacam ini jawabannya bisa banget. Ada dua cara untuk mewujudkannya, halah bahasanya baku woy. Yang pertama pake setingan konfigurasi manual di control panel, Create ad-hoc namanya. Dan yang kedua itu yang lebih super simple pake bantuan software 'connectify' namanya. Di tulisan gue saat ini, gue ga akan membahas opsi yang pertama, gue akan fokus membahas opsi kedua yaitu cara menggunakan software 'connectify' ini.

Sebelumnya kita harus tau dulu system requirements yang dibutuhin ini software buat jalan. Yang pertama itu harus punya WIFI, ya iyalah kalo ga ada ya buat apa coba :p. Yang kedua dan titik kuncinya adalah sistem operasi laptop kamu harus pake Windows 7. Ya benar, software ini cuma bisa jalan di Windows 7, jadi pengguna XP siap-siap bersedih karena harus setting sana-sini yang lebih ribet.

Langkah pertama yang harus lo lakuin ialah donlot dulu softwarenya di situs resminya aja ya. Click Here .

Kalo udah silakan lo instal dengan cara biasa, ya next-next aja istilah awamnya,hehe. Apabila instalasi software dan driver beres maka tampilannya akan begini.













Apabila Lo pengen share koneksi laptop lo pake modem, entah itu GSM/CDMA, lo bisa pilih pilihannya di options 'Internet'. Disini gue pake 'EVDO'. Nah apabila lo mau share ke devices model Android-iPhone-Symbian-ato apalah yang ber-WIFI dan lo ga ngerasa perlu untuk dikasih password, nah lo bisa pilih Security Mode nya Ad-Hoc, Open. Setalah beres lo tinggal klik start hotspot. Setelah itu, waktunya lo cek di devices lo untuk koneksi wifi langsung sesuai tipe konfigurasi masing-masing.

Nah, kalo lo Blackberry users, lo ga bisa make konfigurasi yang Ad-Hoc, Open. Wifi Blackberry ga support Ad-Hoc, dia cuma support model Access Point, Nah disini lo tinggal pilih itu dan dikasih password dijamin Blackberry lo pasti akan bisa nemuin Hotspot yang baru dibuat. Sebelumnya gue juga coba pake model Ad-Hoc dan Blackberry gue terus-terusan searching wifi. Aneh ya.

Sekian dulu, moga-moga bermanfaat, setidaknya buat gue sendiri. CMIIW
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...