Selasa, 29 November 2011

Jajal Blackberry Curve 9300 3G aka Kepler

Oke hp ini emang udah rilis akhir tahun 2010. Tapi jeleknya gue baru punya sebulan kemarin. Gue beli hp ini dari kaskus (seperti biasa). Hp yang dijual dengan kelengkapan hp+charger dan dengan kondisi fisik yang gue rasa 95% mulus ini gue tebus dengan harga 1,4 juta dengan barunya yang masih di sekitaran harga 2,3 juta. Lebih murah kan dibanding dipasaran yang masih dijual di 1,7-1,8 juta. Makanya gue beli,hehe.

Yap, hp ini memang suksesor pendahulunya yang sukses besar, yakni Curve 8520 aka Gemini. Dengan penambahan beberapa fitur pelengkap seperti adanya GPS dan juga support OS6 menjadikan hp ini memang worthed untuk dimiliki oleh user yang terbatas budgetnya tapi secara fitur udah lengkap.

Fisik
Secara sekilas memang antara 9300 dengan 8520 nyaris 99,99% tanpa perbedaan. Secara dimensi sangat persis. Oleh karena itu, bagi kalian 9300 user jangan marah kalo tiba-tiba ada yang nyeletuk "Oh bebe lo gemini toh, gue kira apaan." Nah disini lo tinggal jawab "Liat dulu dong dalemannya, gemini emangnya begini?"

Secara pribadi gue rasa tetep ada perbedaannya terutama dari segi casing pembalutnya. 9300 ini menggunakan material yang nge-chrome disekeliling keyboard dan layarnya dibanding 8520 yang tampak biasa saja. Selebihnya gue rasa sama persis.

Oke, langsung aja kita liat perbandingannya secara gambar.











Fitur

Nah disinilah letak salah satu perbedaannya, 9300 ini udah support OS6. Meskipun dari segi RAM dan ROM sama-sama 256 MB tetapi 9300 ini memang udah ditakdirkan support buat dijalanin OS6. Nah sebenernya dimana sih keuntungannya OS6? Yang bikin beda pertama adalah dari segi interface. Homescreen OS6 ini terbagi dari beberapa kategori, yakni All-Frequent-Favorites-Media. Cukup memudahkan memang bagi user yang suka mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan.

Keunggulan lainnya dari OS6 adalah Universal Search-nya. Dan menurut gue, ini lah yang sangat useful. Disini lo tinggal ketik random apa yang pengen lo cari di hp ini. Misalkan lo ketik 'rai' , maka kemudian akan muncul beberapa sugesti (kontak-music-video-alamat-aplikasi-dll) berdasarkan kata kunci yang lo cari. Bener-bener bermanfaat, kita bener-bener bisa mengakses lebih cepat.

Tampilan menu options juga beda, categorized. Tampilan pictures library-nya juga beda. Thumbnail categorized.

Namun kelemahan OS6 ini terletak di free memory yang tersisa setelah instalasi OS nya. Yup jangan harap lo bisa dapetin free memory lebih dari 100 MB setelah diinstal aplikasi sana-sini. Yang gue dapet malah 50 MB setelah gue instalin semua aplikasi yang gue butuhin.

Satu lagi jelas adanya GPS yang ga disertai di seri 8520. GPS memang fitur wajib yang harus dimiliki sebuah smartphone untuk saat ini.

Keyboard

Keyboard seri curve emang darisananya begitu, keras. Jadi ya jangan harap bisa diem-diem bbm-an sama cewe lain di tempat sunyi sekalipun, karena pasti ketauan bunyi kletek-kletek. Tapi overall ya nyaman buat diajak ngebut.

Camera

Okelah emang ini hape masih 2 MP, tanpa Flash bahkan Autofokus. Tapi jangan salah, hasil jepretan outdoornya keren kok. Temen-temen gue juga aneh ngeliat hasilnya yang kata mereka "Ih bagus yah." hehe. Lumayan lah buat di upload di FB ato BBM. Asal jangan buat dicetak aja, soalnya pasti jelek.


Performa Baterai

Berbagai forum diluaran sana mengklaim kalo penggunaan OS6 ini dijamin lebih irit. Dan lagi-lagi kalo menurut gue sih, ya kurang tau sih. Secara gue ga pernah make bebe ber-OS 5,hehe.

Sekian dulu ya review nya. Bagi yang pengen liat perbandingan spesifikasi antara 9300 vs 8520 bisa klik ini


Bagi yang pengen download ROM terbaru OS6 9300 bisa di klik ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...