Kamis, 06 Agustus 2009

Pengalaman tes web browser pilihan (IE, Firefox, Opera, Chrome)

Kita sudah mengetahui bahwasanya fenomena internet telah berkembang cukup lama di dunia. Namun, kepopulerannya di Indonesia sendiri barulah terasa 8 sampai 10 tahun yang lalu. Kala itu, web browser yang paling populer adalah produk yang memang bawaan Microsoft Windows, yakni Internet Explorer atau IE.
Disini saya mencoba berbagi pengalaman berinternet ria menggunakan beberapa browser pilihan yang memang saat ini kepopulerannya sedang bagus2nya. Namun saya hanya membahas browser yang berjalan pada sistem operasi Windows saja. Disini saya berusaha untuk menulis secara obyektif, meskipun saya sadari tulisan saya ini lebih mengarah pada unsur subyektif.

1. Microsoft Internet Explorer (IE)


Browser buatan Microsoft yang satu ini memang pemenang untuk kontes kepopuleran. Bagaimana tidak, browser ini menguasai hampir keseluruhan pangsa web browser di dunia. Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, menurut sebuah perusahaan pengulas web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai penjelajah web bawaan (default) di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

Pada Windows XP, Microsoft menyisipkan seri IE 6 yang menurut saya sangat-sangatlah buruk keamanannya. Dari segi fitur, seri yang satu ini juga kurang maksimal. Jika, para pesaingnya telah menanamkan fitur multitab pada browser mereka maka IE 6 belum menyertainya.
Kini Microsoft terus-menerus memperbaiki browser andalannya itu dengan terus memberikan update dan patch terbaru. Seri terbaru mereka IE 7 telah terbukti cukup mampu menjawab semua keraguan tersebut. Paket IE ini merupakan browser andalan dari sistem operasi Windows Vista. Tampilannya sangat elegan seperti layaknya windows vista yang mengedepankan sisi transparency-nya. Browser ini juga dapat dinikmati oleh para pengguna Windows XP SP2. Browser ini juga telah dilengkapi fitur multitab. Fitur ini jelas sangat berguna bila kita ingin membuka lebih dari satu halaman secara bersamaan. Fitur ini akan sangat menghemat ruang di memory RAM PC kita dibandingkan dengan membuka aplikasi browser baru.

Baru-baru ini Microsoft telah menghadirkan seri IE terbaru mereka yaitu IE 8 yang merupakan browser andalan sistem operasi baru mereka Windows 7. Browser ini diklaim sebagai browser yang lebih aman dan lebih cepat tentunya. Saya sendiri telah mengunduhnya beberapa waktu lalu, dan saya rasa memang sebenarnya tidak ada yang berubah dari segi tampilan. Saya memang tidak menyukai browser ini sejak lama, karena browser ini cukup berat dijalankan pada komputer berspek rendah. Browser ini masih dapat dinikmati oleh pengguna Windows XP karena memilki platform 32bit.

2. Mozilla Firefox




Browser ini merupakan alternatif yang sangat bijak jika ingin menggunakan browser selain IE. Browser Open Source yang satu ini juga merupakan penantang serius IE di pasaran. Dikabarkan bahwa browser ini telah merebut hampir 25 persen pengguna internet di seluruh dunia. Karena memang sifatnya yang open maka browser ini sangat-sangatlah banyak plug-in atau sejenis mekanisma pengembangan (extension) yang tersedia untuk membuat browser ini semakin tangguh. Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya. Kini browser ini telah memasuki rilis seri Firefox 3.0.
Firefox semakin populer salah satunya diakibatkan IE dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan IE tidak mengikuti standar web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur IE perlu dikhawatirkan


3. Opera Browser




Ini dia browser yang menurut saya cukup lengkap dalam hal kefleksibelannya. Browser ini mampu membuka laman2 yang memilki script XML atau laman2 mobile. Ini mungkin penyebab karena browser ini sangatlah populer di dunia Mobile Internet. Browser ini juga menurut saya memilki download manager terintegrasi yang cukup cepat.
Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.
Berikut adalah fitur-fitur yang saya peroleh dari situs resminya:
  • Tabbed Browsing
  • Speed Dial. Semacam bookmark visual berjumlah 9 buah. Pengguna dapat membuka 9 situs web favorit dengan sekali klik.
  • Widget. Aplikasi kecil (jam, game, dsb) yang berjalan di atas Opera.
  • Kustomasi mesin pencari yang mudah
  • BitTorrent
  • Download Manager
  • Password Manager
  • Mouse Gesture. Navigasi dengan gerakan mouse
  • Skin. Tampilan yang dapat diubah-ubah
  • Email Client
  • RSS Reader

4. Google Chrome



Ya, browser ini adalah buatan perusahaan mesin pencari web terbesar di dunia yaitu Google yang diperkenalkan pada 2008 silam. Kini, Chrome telah memasuki versi fullnya yang dapat diunduh secara gratis dikarenakan sifatnya yang open source. Browser ini diklaim sebagai browser yang sangat ringan dan lebih cepat dikarenakan konsep minimalis yang dipakainya. Menurut beberapa sumber, browser ini diklaim sebagai browser yang paling cepat dalam hal membuka situs berjava script, sedangkan untuk situs berflash, firefoxlah pemenangnya. Browser ini juga sangat aman karena mampu mengatasi phising dan malware. Juga diklaim sebagai browser yang lebih stabil dari crash dan lebih nyaman, namun untuk hal kenyamanan dalam soal membaca RSS feed, browser ini masih jauh tertinggal.

Berikut adalah beberapa fitur Chrome yang diambil dari situs resminya.
Pencarian dari baris alamat
Ketik di baris alamat dan dapatkan saran untuk pencarian dan halaman Web.

Gambar kecil untuk situs-situs top Anda
Akses halaman favorit Anda dengan kecepatan yang luar biasa dari tab baru yang mana saja.

Penelusuran pribadi
Buka jendela penyamaran bila Anda tidak ingin menyimpan riwayat penelusuran


Kini browser ini telah berhasil merebut perhatian pengguna internet di seluruh dunia. Tercatat dalam berbagai sumber bahwa Chrome kini telah berhasil menduduki peringkat keempat setelah IE, Firefox dan Safari Mac OS. Jelas ini sebuah prestasi yang cukup membanggakan sebagai pemain baru. Saya sendiri kini lebih memilih menggunakan Chrome dikarenakan lebih mudah pengoperasiannya.

So, inilah era perang browser yang nampaknya akan semakin sengit saja. Kita jelas sebagai pengguna internet sangat menginginkan browser yang aman, nyaman dan tentunya cepat. Hal inilah yang membuat kita harus pandai-pandai dalam memilih browser mana yang cocok dengan kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...