Kamis, 21 Oktober 2010

Buat running LED mikrokontroler MCS-51 dengan bantuan Register

Apabila Anda memperhatikan tulisan running led saya sebelumnya, maka sekarang saya akan memberikan program yang sedikit berbeda. Program kali ini akan memanfaatkan register R0-R7 yang ada di mikrokontroler MCS-51.
Untuk gambar rangkaian saya coba pilih rangkaian led Active High sebagai komparasi saja.















Berikut listing programnya dalam bahasa assembler

org 0h
;=======================================================================
;          PROGRAM LED BERJALAN KE KIRI DAN KANAN DENGAN REGISTER
;            oleh TRIHADI KURNIAWAN
;=======================================================================
start:    mov A,#00000001b
     mov R0,#7
;
kiri:    mov P2,A
     call delay
     RL A
     DEC R0
     CJNE R0,#0,kiri
;   
     mov R0,#7
kanan:    mov P2,A
    call delay
    RR A
    DEC R0
    CJNE R0,#0,kanan
    sjmp start
;
delay:    mov R1,#255
del1:    mov R2,#255
del2:    djnz R2,del2
    djnz R1,del1
    ret
    end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...