Minggu, 10 Juni 2012

Cepet yah perpanjang STNK itu, 5 menit aja, tapi ga lewat Calo...

Tanggal 4 juni kemarin, sengaja gw sempatin pulang ke jakarta buat ngurus perpanjangan STNK motor gw yang habis bulan Juni ini. Kebetulan memang motor pemberian orang tua gw ini masih lah plat B (Jakarta), jadilah gw harus berurusan dengan Samsat Jakarta. 

Esoknya, tanggal 5 Juni, gw berangkat ke samsat Jakarta Timur di daerah by pass kebon nanas sekitar jam 9. Agak terlambat sebenarnya, gw pun udah pasrah aja bakalan antri lama. Perlu diketahui, gw ke samsat ditemani sama nyokap dan keponakan gw yang masih balita. Maka dari itu gw kasian sebenarnya sama nyokap kalo nanti prosesnya lama. Tapi berhubung nyokap gw ini udah berpengalaman (sering), jadilah gw harus ajak nyokap. 

Hal pertama yang biasa dilakukan seperti biasa adalah mengambil dan mengisi formulir permohonan perpanjangan STNK. Proses kedua melengkapi persyaratan, seperti fotokopi2 gitu. Setelah itu barulah gw menuju loket pendaftaran untuk menyerahkan formulir dan mengambil nomer antrian. Nah disinilah dimulai keajaibannya,sewaktu gw kasih surat2 tersebut, si petugas ini bilang, "Ini punya Ibu ya?" (Maksudnya nyokap gw). "Iya." (Jawab nyokap gw sambil gendong carissa keponakan gw.). Si petugas langsung bilang lagi "Yaudah Bu, langsung bayar aja di kasir, duduk aja dulu sebentar, biar saya urusin." Kalimat itu bener-bener bikin gw ga ngeh. Gw respon bilang gini, "Pak nomor antriannya mana?". Nampaknya si petugas ini memang perlu ngasih penjelasan lebih sampe akhirnya dia bilang lagi. "Ibu duduk aja langsung, tinggal bayar di kasir aja, ini biar saya urusin biar cepet." Sampe situ gw baru paham, oke gw langsung ajak nyokap gw buat cari tempat duduk. 

Baru beberapa menit duduk, terdengarlah panggilan atas nama bokap gw oleh petugas kasir, gw sama nyokap pun bergegas dan langsung membayar perpanjangan STNK sebesar 170 ribu. Kemudian gw diminta untuk duduk kembali seraya menunggu STNK baru selesai dicetak. Lagi-lagi ga sampai 5 menit, lembaran STNK baru tersebut diserahkan dan gw pun langsung bergegas pulang. 

Dari pengalaman gw di atas, gw sempat bertanya-tanya kenapa. Nyokap gw dengan enteng ngejawab, "Ini gara-gara mama gendong carissa. Itu pak polisinya kasihan, makanya dibantuin ga perlu antri." Oke sampe situ gw ngangguk-ngangguk aja sebagai tanda persetujuan.

Jadilah gw pikir wah bagus juga ide membawa seorang ibu separuh baya yang membawa anak balita untuk menyelesaikan proses birokrasi yang seharusnya berbelit dan lama menjadi sebentar saja. Oke, begitulah kira-kira pengalaman gw kemarin. Sengaja gw abadikan dalam blog gw karena memang gw merasa unik dan lucu aja. ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...