Minggu, 22 Januari 2012

Buka usaha jual beli komputer karena tertipu jutaan rupiah

Siapa sangka gw memulai awal tahun 2011 dengan tidak mengenakkan. Kenapa? Yap, gw termasuk salah satu korban cyber crime yg lagi marak-maraknya saat ini, gw tertipu sebesar 2,5 juta setelah mengadakan proses transaksi fiktif pembelian beberapa HP yang barangnya tak kunjung datang pada desember 2010 silam.

Kejadian tersebut bagaikan sebuah bencana besar dalam hidup gw. Sedih pasti, merasa bodoh pasti, intinya saat itu gw seperti berada pada titik terendah dalam hidup gw sebagai seorang manusia. Bukan apa-apa, uang yang gw pergunain tersebut adalah uang pinjaman dari teman baik gw (Maaf gw rahasiakan dulu namanya) yang bodohnya juga gw ajak gabung juga. Gimana menurut sobat? Dobel kan dosa gw? hiks.

Setelah kejadian itu, pertama pastilah gw menyesal, terutama terhadap diri gw dan teman gw ini. Saat itu, gw sampe bela-belain bolos kuliah karena saat itu pikiran gw kalut tak menentu. Tapi gw percaya kalau Alloh Maha Berencana, esoknya gw kembali menjalani hidup gw seperti biasa dan berusaha untuk tetap tegar agar tidak dicurigai teman-teman sekelas. Gw terus berupaya melupakan dan ikhlas meskipun sebenarnya sulit. Gw juga membayangkan betapa hancurnya hati temen gw ini.

Perlu diketahui, sebagai seorang mahasiswa yang belum bekerja, tentulah keputusan yang dilakukan kami sungguhlah beresiko. Niatnya sih ingin jadi semacam reseller handphone gitu, tapi faktanya mengenaskan. gw kurang teliti saat itu, jujur saja hawa nafsu gw mampu mengalahkan logika sehat gw.

Gw berdoa dan memohon petunjuk dari-Nya untuk dibukakan jalan untuk melunasi hutang gw ke temen gw tadi. Gw janji ke temen gw ini kalau akan melunasi hutang gw ini maksimal 6 bulan atau tepat di bulan juni 2011. Bagaimana cara melunasinya? Gw juga ga tau dong, apalagi gw udah melepaskan diri dari tanggung jawab orang tua semenjak kuliah beasiswa ini. Tapi yang pasti rencananya gw akan menyisihkan uang beasiswa kuliah gw yang saat itu besarnya 855rb per bulannya ditambah hibah dari kakak gw yang besarnya maksimal 200rb perbulannya. Artinya kira-kira gw punya 900-1 juta di setiap bulannya. Uang 1 juta itu juga harus dikurangi sewa kamar kos gw 350rb per bulan. Dengan target 6 bulan, artinya minimal gw harus bisa simpan 400rb per bulannya untuk dicicil (Asumsi 400rbx6 bulan=2,4juta). Kemudian sisa 200-250rb untuk biaya makan gw rasa cukup, tapi pasti akan pas-pasan banget. Tapi bismillah, gw harus bisa belajar bertanggung jawab atas kesalahan yang gw lakukan dong.

Titik balik kehidupan

Rencana yang gw buat sebelumnya ini memang gw rasa sangat-sangat berat dan gw masih ngerasa ga mungkin bisa menyisihkan uang sebanyak itu di setiap bulannya. Akhirnya gw mutusin untuk menjual barang-barang berharga gw, contohnya komputer gw. Gw pikir biarlah gw ga punya komputer, sementara gw lebih baik nebeng temen aja dulu. Alhamdulillah ternyata Alloh berencana lain, di akhir desember datang lah teman kuliah gw (namanya Redi) yang berminat untuk dibuatin 1 unit CPU yang diperuntukkan untuk server pulsa. Dia percaya sama gw soalnya memang kebetulan gw dinilai teman-teman gw sebagai pakarnya ngerakit komputer. Luar biasa, akhirnya gw bisa rakitin komputer ke orang lain dengan orientasi mencari untung. Gw dapet hampir 1,5 juta disini hasil dari untung ditambah penjualan beberapa part CPU gw. (Perlu diketahui, sebelumnya gw udah beberapa kali merakit komputer untuk teman tapi itungannya hanya menolong saja)

Mungkin bisa jadi sobat bertanya sejak kapan dan belajar dari siapa gw bisa ngerakit komputer ini. Gw jawab aja gw murni otodidak. Gw sebenernya ga tau caranya, gw cuma tau nama-nama part, bentuknya, dan fungsinya apa, setelahnya langsung dipraktekin aja.

Sejujurnya gw udah beberapa kali menjual barang, khususnya PDA Phone dengan memanfaatkan internet. Tapi belum menyadari saja bahwa internet memiliki potensi yang besar apabila kita serius menggarapnya. Segala macam keuntungan berjualan online mungkin bisa gw tulis di tulisan gw selanjutnya. Namun, ironisnya ketika gw ingin menjadi pembeli di internet, gw justru mengalami penipuan. :(

Di bulan Januari 2011, gw iseng nawarin sisa hardware CPU yang gw punya untuk dijual di situs tokobagus. Ternyata ada yang minat serius! Alhamdulillah gw dapet hampir 1jt disini hasil dari untung penjualan ditambah sisa beberapa part CPU gw sebelumnya. Barangnya gw anterin langsung ke rumah pembeli di sekitaran dago. Sepulang dari rumah dia, gw justru kepikiran kenapa ga diseriusin aja. Thanks buat agan yang gw sendiri udah lupa namanya yang secara tidak langsung memberikan inspirasi bisnis yang gw harapin setidaknya bisa membantu gw dalam melunasi hutang gw tersebut.

Sepulang dari sana gw berpikir bisa ga ya ini diterusin? Gimana cara memulainya? Apakah gw harus modal dulu dan stok barang-barangnya dulu atau gw iklanin aja langsung? Gw ga punya modal! (Kebetulan gw punya beberapa kenalan baik dengan toko komputer di kandaga sehingga gw berharap bisa dipermudah dalam menyangkut persoalan modal). Ditambah kemampuan berbicara gw juga payah, terus gimana?

Permasalahan yang gw utarakan sebelumnya memang persoalan klasik bagi seseorang yang lagi galau berbisnis. Tapi entah kenapa saat itu cara pikir otak kanan gw lagi berfungsi dengan benar. Langsung aja gw buat iklan di 2 situs jual beli gratis, tokobagus.com dan olx.co.id. Judul iklannya apa? "Jual PC Rakitan Bandung." Isinya? saat itu gw coba tulis iklannya sederhana aja, rancangan spesifikasi hardware PC dibawah 2 jutaan.

Setelah gw baca ulang iklan gw dan melihat iklan-iklan kompetitor sejenis, ternyata isi iklan gw sama aja kaya mereka, gw pikir kemungkinan akan dilihat orang pun kecil. Gw seharusnya kasih yang beda. Gw tau persis toko komputer itu banyak jumlahnya tapi GW HARUS BEDA, meskipun bisa jadi harga yang gw tawarin lebih mahal.

Entah dari mana munculnya, akhirnya gw kepikiran untuk menambahkan iming-iming "Bonus Koleksi Film-film HD+instal Games-games banyak Diantar bandung" di isi iklan gw. Gw ga tau persis, tapi gw yakin ini beda, gw udah ngecek di banyak iklan, ga ada satupun toko komputer yang kaya gw. Yauda, bismillah aja, gw pede posting iklan itu.

Ternyata benar aja, di akhir januari ada peminat lagi yang jauh-jauh dari Cianjur sms untuk minta dibuatin komputer yang katanya untuk dibuat main game Pro Evolution Soccer 2010 tapi dananya terbatas. Dia bilang juga kalo dia pengen di kopiin film-film koleksi gw. Bekerja dong iklan gw?

Setelah berhasil jual komputer ke pelanggan dari Cianjur ini, gw coba ngelihat isi kosan gw sekarang. Gw ga punya lagi komputer (Halo apa kabar tugas-tugas gw?), tersisa cuma casingnya saja, speaker Simbadda, dan 1 unit monitor tabung 17" ditambah uang hasil jual komputer sekitar 3 jutaan. Gw merasa untung karena jikalau gw jual ke orang lain karena butuh uang, gw yakin harga 1,5 juta udah bagus banget. Tapi faktanya, gw bisa dapetin hampir 2 kali lipatnya kan? Sungguh jual beli itu memang sebaik-baiknya pintu rezeki.

Merambah di kaskus

Melihat besarnya potensi pemasaran via internet, akhirnya gw mutusin untuk membuat iklan di forum kaskus di awal februari. Pertama-tama gw mikir lagi, gimana sih buat thread di kaskus? Jujur aja, gw udah join Agustus 2008 tapi sampai februari 2011 gw ga pernah buat thread sama sekali.

Akhirnya gw coba intip thread-thread yang jual komputer di kaskus, well, banyak bener gan! Bisa ga ya gw bersaing? Gw coba teliti masing-masing thread ternyata semuanya itu berasal dari JAKARTA. Kesempatan dong? Gw coba search, ternyata saingan gw di bandung cuma 1. Pede dong gw, akhirnya gw buat aja tuh thread, sedikit banyak mencontek model atau gaya thread jualan yang lain. Oya, gw juga nyertain senjata pamungkas "Bonus Koleksi Film-film HD+instal Games-games banyak Diantar bandung" sebagai pemanis. Judul threadnya? Gw ga tau asalnya darimana, tapi langsung aja gw ketik "Agan2 bandung yang mau rakit PC dikirim COD ato hanya compare harga boleh hub ane". Terus nama toko gw apa ya? Ga pake mikir lagi langsung aja gw cantumin "STRAW COMPUTER". Filosofinya sederhana, gw penggemar manga jepang ONE PIECE, ga ada arti yang lain. Bagi yang mau lihat lapak kaskus gw seperti apa coba aja klik. atau copas aja ke browser bit.ly/StrawComputer

Responnya? Jangan ditanya, luar biasa. Malah di bulan ini gw dapet proyek pembuatan warnet game online berupa 8 unit PC berikut instalasi jaringannya senilai 18 juta rupiah. Untung yang gw dapet? Alhamdulillah sekitar 15% bisa gw dapet. Jujur aja gw ga ada pengalaman bikin warnet gitu. Tapi selalu gw berprinsip, "Asal gw tau konsep dasarnya, gw berani ngerjainnya. Soal gimana caranya itu bisa gw pelajarin sambil jalan." Malahan disini gw ngajak temen gw juga dan bisa berbagi ilmu juga ke dia, dobel dong manfaatnya? Hasil akhirnya pun lumayan menurut gw. Pelanggan gw ini juga puas kok.

Semakin bersemangat lah gw akhirnya. Maka mulailah gw sedikit-sedikit meluangkan waktu gw di sela-sela rutinitas kuliah maupun kerja praktek di pabrik pemberi beasiswa kuliah gw di Bandung untuk setidaknya memperbarui thread jual beli kaskus gw ini setiap harinya. Calon pelanggan berdatangan via sms/telpon/BBM dan gw coba belajar untuk melayani mereka dengan baik.

Omzet per bulan usaha gw ini belasan juta rupiah per bulannya (bahkan tercatat mencapai 29 juta di bulan Februari dan 23 juta di bulan desember) dengan potensi keuntungan sekitar 5-10% nya. Sistem berjualan yang gw pilih adalah model COD (Cash On Delivery). Pembeli memesan, gw rakit dan di bayar setelah barang sampai di tujuan. Gw juga pernah anter pesanan sampai jati nangor, beberapa sekitar soreang, dayeuh kolot, ujung berung dan bahkan gw juga pernah kirim ke Batam yang kesemuanya gw lakukan demi tekad gw untuk melunasi hutang gw tersebut. Mungkin memang usaha gw ini ga seberapa hasilnya. Tapi menurut gw udah lumayan kok, apalagi bagi pemula kaya gw dan masih berjualan di online saja. Persoalan kedepannya gimana, itu juga lagi-lagi gimana nanti aja, setidaknya usaha kecil-kecilan gw ini udah bisa melunasi hutang gw tepat waktu dan secara tidak langsung melatih mental berwirausaha gw.

Singkat cerita, bulan demi bulan gw lalui, alhamdulillah gw bisa melunasi hutang gw sebesar 2,5 juta di bulan mei, lebih cepat 1 bulan dari target gw diawal, membeli laptop seharga 2,45 juta di bulan maret, menyewa rumah selama setahun senilai 2 juta di bulan april, membeli TV LCD 19" senilai 1,1 juta di bulan juni dan akhirnya gw ganti ke TV LCD 22" senilai 1,4 juta, ikut perawatan muka dari september yang menghabiskan 500rb sampai tulisan ini ditulis, jam tangan seharga hampir 500rb di bulan oktober, ganti bb ke bb 9300 seharga 1jt di bulan november, mulai investasi 1 keping dinar emas di bulan desember senilai 2,2 juta dan memiliki tabungan sekitar 7 juta di bulan januari 2012. Rencana Alloh memang luar biasa, gw sama sekali ga bermodal saat itu. Gw hanya bermodal nekat, berdoa, dan yakin saja gw bisa jalanin ini.

Sungguh pelajaran hidup yang ga akan pernah gw lupain akan segala kejadian di 2011 ini. Perlu diketahui bahwa tak seorang pun teman-teman gw tau akan musibah yg gw alami ini, bahkan keluarga gw pun belum gw kasih tau. Gw ingin menyembunyikannya terlebih dahulu. Gw merasa mendapatkan teguran keras dari Yang Maha Kuasa atas segala kelalaian gw selama ini. Gw bersyukur mendapatkan musibah itu, karena memang inilah trigger gw untuk membuka salah satu pintu rezeki yang Alloh sediakan bagi siapapun hambanya yang melakukan bisnis muamalah.

Gw pengen nulis tulisan ini bukan karena sombong tapi karena gw ingin mengabadikan aja kerja keras gw dari muda, ga salah kan? Kali aja setelah membaca tulisan gw ini malah semakin banyak ide-ide brilian seorang calon wirausahawan sukses bermunculan di kepala sobat sekalian. Mengutip perkataan seorang motivator bisnis Jaya Setiabudi tentang the power of kepepet memang ada benarnya juga bahwa terkadang karena sesuatu hal yang mendesaklah seseorang berani untuk membuat keputusan dan keluar dari zona amannya. Tapi tetap saja, mengutip perkataan motivator pakar otak kanan, Ippho Santosa, bahwa bisnis itu bukan untuk dipikirkan dulu, karena ga akan jalan-jalan tapi langsung dilaksanakan, baru nanti dipikirkan dan diperbaiki segala kekurangannya dimana.

CMIIW

Thanks

13 komentar:

  1. mantap tmn SMP gw ini... suksess brother :)

    BalasHapus
  2. Makasih ya semua udah membacanya, ane jadi terharu..

    BalasHapus
  3. kereeen gan..salut bgt dahh

    BalasHapus
  4. mantap sob infonya...
    moga sukses selalu...
    tak lupa mengundang sobat trihadi ke sporakomputer

    BalasHapus
  5. mantap gan..., semangat ane jadi bergelora setelah baca tulisan ne

    BalasHapus
  6. ini sangat keren gan, ruarrrrrrrrrr biasooooooooooooooo

    www.PromoTourMurah.com

    BalasHapus
  7. mantab abissssssssssssssssssss..pngen jg nig usha kyk gt.

    BalasHapus
  8. keren gan ... !!! btw lapak Kaskus nya dah Off ya ..

    ane minta Nomor yang bisa di kontak dong ,, mau belajar nih sama agan

    BalasHapus
  9. inspirasi bgt... sipp... sukses terus... rakitannya juga mantab...

    BalasHapus

Anda dapat memberikan saran dan kritik untuk pengembangan saya dan blog ini kedepan.

Rezeki Tambahan

"Rezeki tambahan" Namanya juga pedagang, mendapati pembeli yang menjual kembali barang yang sudah dibeli rasanya biasa. Dan saya ...